Deskripsi
Kualitas merupakan suatu kebutuhan penting dalam produksi barang maupun jasa, yang tujuannya adalah untuk memenuhi kepuasan pelanggan, dan menarik konsumen yang loyal. Untuk itu di suatu perusahaan perlu dibentuk divisi pengendalian kualitas (quality control), atau divisi penjaminan kualitas (quality assurance). Kualitas juga merupakan bagian dari semua fungsi usaha (meliputi bidang sumber daya manusia, finansial dan marketing).
Pengendalian kualitas diperlukan untuk menjaga konsistensi karakteristik produk dan jasa sesuai dengan standar, dan ekspektasi konsumen. Kualitas merupakan suatu proses perbaikan secara terus menerus, yang memiliki dua sudut pandang, yaitu dari sudut pandang produsen/supplier, dan sudut pandang konsumen/pelanggan. Secara teori, kualitas bisa diukur menggunakan suatu standar yang sudah disepakati, misalnya Standar Nasional Indonesia (SNI), atau standar internasional yang dikelola oleh International Standard Organization (ISO). Namun, kualitas juga bersifat relatif jika dilihat dari sudut pandang konsumen, karena terkait dengan selera, pendapat, dan kebutuhan personal
Ulasan
Belum ada ulasan.